Minggu, 11 Maret 2012

ANDRE ROSIADE : Bangun Usaha dari Nol


BELAKANGAN ini muncul tren tersendiri dalam dunia bisnis, sosok sosok anak muda tampil dalam kepermukaan sebagai pengusaha sukses. Salah satu pemuda Minang yang berhasil menorehkan prestasi, yakni Andre Rosiade, 33. Selain mampu menjalankan roda bisnis pada sejumlah peru sahaan multiusaha di Ja karta, ia bersama ‘timnya’ juga telah membuka usaha di Kota Padang melalui salah satu perusahaan di kota ini.


Ada hal yang membeda kan Sarjana Akuntansi jebol an Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti dan man tan Ketua KAMMI Jakarta Barat ini dengan pengusaha muda lainnya, bisnis yang ia geluti mulai dari nol, dan ia bukan dari keluarga pengusaha kaya, dan ber latar belakang sebagai akti vis ketika masih menjadi mahasiswa di Trisakti. Orangtuanya dari kalangan Pegawai Negeri Sipil dan tidak buta akan dunia bis nis!

Andre yang juga Ketua Gerakan Ayo Jadi Peng usaha Wilayah Sumatra Barat BPD HIPMI Sumbar ini selalu memonitor Sum bar pada umumnya dan Kota Padang khususnya dalam hal kewirausahaan. Dia berharap ke depan daerah ini akan banyak tampil pengusaha-pengusa ha muda yang bisa dibanggakan dan mau membangun daerahnya.


Lebih jauh tentang ten tang alumni SMUN 2 Padang ini dan pandangannya tentang kewirausahaan, mari kita ikuti perbincanganya de ngan warta wan Singgalang Soesilo AP di Padang, bebe rapa waktu lalu.
Apa motivasi Anda jadi pengusaha? Sementara Anda tidak dilahirkan da lam ke luarga pengusaha!
Sejak kecil saya memang jadi ingin pengusaha, meski orangtua saya bukan peng usaha. Ayah dan ibu saya dari kalangan PNS. Saya menyadari bahwa ketersediaan modal bukan segala-galanya, hal yang tumbuh diri adalah semangat. Saat SMA, saya ingin cari uang jajan dengan cara membeli tiket-tiket per tandingan bola Semen Padang dan tiket-tiket itu saya jual kembali kepada penggemar bola, dan di situlah saya mendapatkan keuntungan. Berpijak dari pengalaman itu saya ingin jadi pengusaha, dan tentunya tidak lagi men jual tiket nonton bola lagi seperti waktu itu, ha ha ha ha ha ha.
Apakah Anda melanjutkan minat itu saat kuliah
Semangat itu terus mem bara. Lucunya saat saya kuliah, saya malah menjadi aktivis di KAMMI Jakarta Barat dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan men jadi Presiden Mahasiswa Universitas Trisakti 2000/2011 yang keukeh menuntut Presi den Abdurrachman Wahid (Gus Dur) untuk mundur dari jabatannya. Gus Dur diminta mundur diduga karena tidak ada perbaikan kinerja serta tersandung sejumlah kasus seperti Buloggate dan Brunei gate serta kebijakan-kebijakannya yang inkonstitusi. Alhamdulillah berkat per juangan dan desakan dari seluruh BEM Seluruh Indonesia, saya sebagai juru bicara bersama teman-teman dite rima oleh istana dan menyampaikan aspirasi kami. Dalam perjalanan politik, akhirnya Gus Dur mengundurkan diri dari kursi kepresidenan dengan cara da mai dan tanpa ada pertum pahan darah.
Setelah tamat dari kuliah, keinginan jadi pengusaha terus menggebu-gebu.
Bisakah Anda ceritakan bagaimana bisa Anda mem bangun usaha dari nol itu?
Sejak kecil saya punya mimpi untuk menjadi pe ngusaha yang tidak hanya bermanfaat buat diri, tapi juga untuk ibadah. saya terus membangun mimpi, caranya dengan membangun komu nikasi dengan pengusaha atau investor. Pada awalnya, saya menjadi konsultan. Namun, kemudian keinginan untuk menjadi pengusaha kembali membara. Pada mulanya saya tidak punya modal sama sekali. Saya masih ingat saat saya ingin bisnis oli di Jakarta saya mendatangi suatu pabrik oli tanpa ada janji dengan mana jer pabrik, saya kehadiran saya ditolak oleh satpam perusahaan, dan saya tidak boleh bertemu langsung de ngan manajer pabrik, harus terlebih dahulu harus mem buat janji. Namun, saya pantang menyerah. Saya mencoba meyakinkan investor untuk penawaran kontrak dengan nilai miliaran rupiah. Berkat keyakinan, akhirnya investor yang mem berikan kepercayaan kepada saya, akhirnya saya dengan bendera perusahaan PT Hasil Usaha Anak Bangsa dapat berbisnis oli dan menjadi agen oli dan menyuplainya untuk industri besar. Saya tidak puas dengan hanya oli melalui perusahana berbeda, perusahaan kami menjadi rekanan TNI. Kami juga ingin bergerak di usaha lain, seperti menyediakan tenaga security, serta mitra pada suatu BUMN untuk menyup lai suka cadang.
Selain kepercayaan para investor, saya dan tim menda pat pula kepercayaan dari pihak perbankan menawar kan berbagai fasilitas.
Bagaimana bisa investor bisa percaya kepada Anda? Apa kuncinya?
Seperti sudah saya ung kapkan tadi, saya bertekad menjaga kepercayaan dan amanah, bersikap jujur. Sederhana kan?
Setelah Anda mampu mem bangun mimpi, mimpi apa yang Anda ingin wujud kan?
Saya selaku Ketua Gera kan Ayo Jadi Pengusaha Wilayah Sumbar BPD HIPMI Sumbar bersama teman-teman HIPMI ingin mem bangun jiwa kewirausahaan bagi generasi muda. Pada dasar nya setiap orang me miliki peluang yang sama besar untuk bisa menjadi seorang pelaku usaha. Na mun sa yangnya tidak semua orang berani mengasah ba kat dan minat mereka, se hingga wajar adanya bila sebagian ada yang telah berhasil menjadi pengusaha sukses dan sebagian lainnya masih ada juga yang belum berani action menjalankan usaha. Ketakutan untuk memulai, dan ketakutan untuk men coba, menjadi kendala utama bagi sebagian orang sehingga mereka memilih mengu rungkan niatnya untuk menjadi pe ngusaha sukses.
Tentunya Anda tidak ingin menjadi salah satu orang yang gagal sebelum berpe rang bukan? Karena itulah, dibutuhkan mental pemberani untuk mengalahkan keta kutan-ketakutan tersebut serta tekad yang kuat untuk menumbuhkan jiwa kewi rausahaan di dalam diri masing-masing personal.
Lalu, bagaimana cara mem bangun jiwa kewira usahaan di Sumbar?
Untuk itu, dengan bendera HIPMI kami ingin muncul kader-kader pengusaha dari Perguruan Tinggi (PT) di Sumbar, dan kami sudah memfasilitasi adanya BPC HIPMI pada sejumlah PT du Kota Padang, dan membe rikan dorongan kepada para mahasiswa menjadi peng usaha serta memberikan pendidikan kewirausahaan.
Untuk bisa menjadi entrepreneur sukses memang perlu kerja keras. Meski, akan banyak persoalan yang menjadi kendala. Semangat harus dibangun dan jangan menyerah di tengah jalan sebelum akhirnya meraih kesuksesan. Karenanya, tentukan fokus utamakita dalam menjalankan usaha dan teruslah tingkatkan pengetahuan serta skill yang dibutuhkan untuk mengopti malkan fokus yang telah ditentukan. Jangan pernah berhenti berkarya sebelum akhirnya berhasil meraih impian.
Apakah Anda yakin de ngan pendidikan kewiras usahaan dsan mendatang kan peng usaha sukses bisa memberi kan motivasi ke pada maha siswa?
Kenapa tidak? Karena pemerintah tidak menjamin lapangan pekerjaan bagi para lulusan SLTA dan PT, sudah saatnya sekolah maupun PT memberikan pembekalan kepada anak didiknya. Kita juga berharap sekolah atau PT dapat memfasilitasi ada nya mendirikan usaha nyata. Misalnya, sekolah mendi rikan gerai penjual makanan, simpan pinjam, jasa tiket transportasi, perbankan, kursus bahasa asing dan sebagainya. Pada fasilitas dimaksud, mahasiswa mau pun anak didik secara ber gantian mendapat tugas berpraktik, dengan target-target yang telah ditentukan. Sebagaimana kegiatan ma gang, pendirian dunia usaha itu bertujuan mengakrabkan anak didik antara teori dan praktik nyata.
Setelah mengikuti praktik kita berharap, setelah kelar kuliah atau masih berstatus mahasiswa mereka bisa memulai usaha, baik secara sendiri-sendiri maupun pa tungan. Jika usaha-usaha itu berkembang, tentunya bisa menyerap tenaga kerja dan memberikan kontribusi yang positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah. (*)
Daftar Riwayat Hidup
Nama : Andre Rosiade
Tempat/Tgl Lahir: Padang, 7 November 1978
Agama: Islam
Alamat: Jl. Sutera Maryllis 1 No; 15 Tangsel
Pendidikan:
SD Yos Sudarso Padang
SMP Yos Sudarso Padang
SMUN 2 Padang
Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti
Pengalaman Kerja:
1. Konsultan di PT Indoconsult 2002-2003
2. Dirut PT Hasil Usaha Anak Bangsa 2003-sekarang
3. Dirut PT Kaze International Selaras-sekarang
4. Direktur CV Putri Pertama 2007-sekarang
5. Dirut PT Cahaya Azizah 2006-sekarang
6. Komisaris PT Garda Benteng Indonesia 2006-sekarang
7. Komisaris CV Ammar Jaya 2011-sekarang
Pengalaman Organisasi
1. Ketua KAMMI Jakarta Barat (2000)
2. Presiden Mahasiswa Universitas Trisakti (2000/2001)
3. Bendahara DPP Dewan Tani Indonesia (2007 s/d sekarang)
4. Pengurus HIPMI Kota Padang 2010-2011
5. Pengurus HIPMI Sumbar 2011-sekarang
6. Ketua Gerakan Ayo Jadi Pengusaha Wil. Sumbar BPD HIPMI Sumbar

Sumber: Harian Singgalang, Minggu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar