Senin, 11 Juni 2012

Tokoh PKS Nilai Andre Berpeluang

Partai Ke­adilan Sejahtera (PKS) hing­ga kini belum menen­tu­kan siapa yang akan di­usung menjadi calon wali kota dan wakil wali kota (Ca­wako-Cawawko) Padang 2013 mendatang. Namun de­­mikian, partai pemilik enam kursi di DPRD Pa­dang itu, disebut-sebut su­dah memulai survei, dan melirik para tokoh dianggap me­miliki kans besar untuk ma­ju dan berpeluang meme­nang­kan Pilkada Padang.


Salah satu tokoh muda Pa­dang disebut-sebut mendapat angin segar diusung PKS adalah Andre Rosiade, Ketua Gerakan Ayo jadi Pengusaha BPD Hipmi Sumbar. Bagaimana pendapat tokoh internal PKS terhadap sosok Andre Rosiade?

 Anggota Majelis Syuro DPP PKS yang saat ini menjabat Gu­ber­nur Sumbar Irwan Pra­yitno m­e­nilai, Andre sebagai sosok ge­nerasi muda yang memiliki se­mangat tinggi membawa peru­ba­han Kota Padang. Hal itu me­miliki nilai positif bagi se­seorang yang telah me­nyatakan keingi­nan membangun ibu kota Sum­bar ini.
“Apalagi, Andre seorang yang berasal dari tokoh muda. Ke­beraniannya untuk tampil saat ini, patut diacungi jempol. Ti­dak dipungkiri, Andre saat ini men­jadi seorang kandidat yang di­perhitungkan dalam pemi­li­han wali kota Padang,” ujar Ir­wan.
Di sela-sela acara Dialog To­koh pada Milad PKS ke-14, Ming­gu (27/5) di Pangeran Beach Hotel, Ketua Departemen VI DPP PKS Refrizal meng­ung­kap­kan, su­dah saatnya pemuda yang me­mimpin Padang. Pe­mu­da yang dimaksud adalah orang yang bersemangat muda, dan orang yang benar-benar muda. Dia menilai pemuda sangat po­ten­sial membangun kota ke depan.
 “M Natsir memimpin Mas­yumi saat umur 24 tahun, ma­sih sangat muda. Ali Bin Abi Thalib dipercaya sebagai kha­lifah saat muda. Saat ini, Turki mengalami kebangkitan karena peranan pemimpin muda. Kalau Pa­dang ingin bangkit, harus mempercayakan orang muda. Saya rasa, PKS tidak menutup diri untuk orang-orang potensial se­­perti (Andre, red) ini. Ten­tu­nya, mereka yang mampu me­menangkan hati rakyat, dan ikut mekanisme PKS, dapat kita usung,” kata Refrizal yang me­nye­but peluang Andre maju di PKS sangat besar.
Ketua Majelis Pertimbangan Wi­layah (MPW) PKS Sumbar, Nur­firmanwansyah meng­apre­siasi keberanian Andre muncul dan menyatakan diri ingin maju dan membangun Padang. “PKS terbuka untuk siapa pun, baik kader internal ataupun ekster­nal. Kami partai yang welcome un­tuk siapa pun yang berani ikut sur­vei, dan mendapat simpati rakyat,” katanya. Apa yang dimiliki Andre, kata wakil Bupati Solsel 2005-2010 ini, sudah menjadi modal untuk maju dalam Pilkada Pa­dang. Ke depan, katanya, diha­rap­kan, Andre mendaftar dan me­ngikuti proses di PKS.
“Pa­dang adalah pusat bisnis dan pemerintahan Sumbar, dan jadi to­l­ok ukur pembangunan. Kita me­mang membutuhkan orang-orang muda,” katanya. Ketua Wilayah Dakwah IV DPW PKS Sumbar Marfendi ber­­harap pemuda yang melan­jut­kan estafet kepemimpinan Kota Padang. Padang, me­nurut­nya, kini jauh tertinggal dari kota-kota lain di Sumatera, apa­lagi Indonesia. Pemuda yang krea­tiflah, katanya, mampu mem­buat Padang bisa bersaing de­ngan daerah lain.
“Kalau orang-orang yang sudah tua, saya kira sulit,” katanya yang tak me­nampik Andre berpeluang men­jadi orang muda idaman PKS di pilkada nanti. “PKS memiliki mekanisme survei sendiri, tidak ’percaya’ sur­vei lembaga lain. Kalau hasil sur­v­ei PKS Andre terbaik, kena­pa tidak? Ini juga kami lakukan saat Pilkada Padang 2008 dan Pilgub Sumbar 2010,” kata Marfendi. Sebelumnya, Ketua DPD PKS Padang Muhidi mengata­kan, PKS akan melakukan survei ter­hadap tokoh-tokoh yang me­ngapung di masyarakat untuk ma­ju pada Pilkada Padang 2013.
Sur­vei akan dilaksanakan lem­baga independen formal. “Hasil survei dari internal partai akan kita bandingkan dengan survei lembaga independen formal ter­se­but. Sehingga, bisa dija­di­kan sebagai bahan pem­ban­ding. Meski sudah memiliki beberapa nama, tidak etis rasanya kita sebutkan sebelum hasil survei ke luar,” kata anggota DPRD Pa­dang 1999-2004 ini. Setidaknya, sinyal mendu­duk­kan Andre Rosiade sebagai ca­lon pada pilkada mulai terli­hat.
Namun, PKS tidak dapat berdiri sendiri dalam pilkada, karena hanya memiliki 6 kursi dari 7 kursi sebagai syarat (15 per­sen kursi dari 45) untuk me­ngusung bakal pasangan calon. Sebuah sumber terpercaya menyebutkan, PKS akan meng­gandeng beberapa partai parle­men untuk mendudukkan pasa­ngan calon. Nama Andre Ro­siade disebut-sebut bakal men­jadi “perekat” dalam koalisi par­tai itu. (adv)
Padang Ekspres • Selasa, 29/05/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar